Sunday, June 7, 2015

Cara Menghitung Bunga Tabungan

Setiap Bank menawarkan berbagai produk perbankan, baik produk funding atau maupun produk lending. Untuk produk funding yaitu bank menghimpun dana dari masyarakat dengan produk berupa tabungan, giro dan deposito. Untuk lending yaitu bank menyalurkan dana kepada masyarakat berupa kredit, seperti KPR, KPM dan lainnya.

Untuk nasabah yang menempatkan dananya di bank berupa tabungan, giro, deposito, nasabah akan mendapatkan keuntungan bunga yang akan diterima setiap bulan yang telah dipotong pajak oleh pihak bank. Bunga Tabungan atau bunga bank adalah keuntungan yang diberikan oleh bank kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu berdasarkan persentase dan jumlah tabungan nasabah.

Untuk Anda yang mempunyai simpanan di bank berupa tabungan dan ingin mengetahui cara menghitung bunga tabungan, berikut ini adalah cara-cara menghitung bunga tabungan:

Ada tiga cara/metode dalam melakukan perhitungan bunga tabungan:

1.     Perhitungan bunga berdasarkan saldo terendah yaitu bunga tabungan yang dihitung dari jumlah saldo terendah pada bulan laporan, sehingga nilai tersebut yang akan dijadikan acuan perhitungan bunga.
Cara Perhitungannya:

Bunga = (Jml saldo terendah x suku bunga % x jml hari pd bulan laporan)/Jml hari dalam 1 tahun

Contoh:
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
01/04/2015
Saldo Awal

10.000.000
10.000.000
04/04/2015
Setoran Tunai

5.000.000
15.000.000
06/04/2015
Setoran Tunai

7.000.000
22.000.000
15/04/2015
Penarikan Tunai
10.000.000

12.000.000
17/04/2015
Penarikan Tunai
1.000.000

11.000.000
28/04/2015
Setoran Tunai

3.000.000
14.000.000
Bunga tabungan yang berlaku adalah 5,5% per tahun.

Dari contoh tersebut, saldo terendahnya adalah 10.000.000 maka cara perhitungannya adalah sebagai berikut:
 10.000.000 x 5,5% x 30 / 365 = 45.205
Bunga sebesar 45.205 merupakan bunga gross (belum dipotong pajak).
Pajak bunga tabungan: 20% x 45.205 = 9.041
Jadi bunga tabungan bulan april yang diterima oleh nasabah: 45.205 – 9.041 = 36.164 (bunga nett)

2.     Perhitungan bunga berdasarkan saldo rata-rata merupakan perhitungan bunga yang didasarkan pada rata-rata saldo harian pada bulan berjalan, sehingga nilai rata-rata tersebut yang akan dijadikan acuan perhitungan bunga.
Cara perhitungannya:

Bunga = (Saldo rata-rata harian x suku bunga % x jml hari pd bulan berjalan)/Jml hari dalam 1 tahun

Contoh:
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
01/05/2015
Saldo Awal

10.000.000
10.000.000
04/05/2015
Setoran Tunai

5.000.000
15.000.000
06/05/2015
Setoran Tunai

7.000.000
22.000.000
15/05/2015
Penarikan Tunai
10.000.000

12.000.000
17/05/2015
Penarikan Tunai
1.000.000

11.000.000
28/05/2015
Setoran Tunai

3.000.000
14.000.000

Bunga tabungan yang berlaku adalah 5,5% per tahun.

Menghitung saldo rata-rata harian:

10.000.000 x 3 hari (tgl 1-3)                      =   30.000.000
15.000.000 x 2 hari (tgl 4-5)                      =   30.000.000

22.000.000 x 9 hari (tgl 6-14)                    = 198.000.000

12.000.000 x 2 hari (tgl 15-16)                  =   24.000.000

11.000.000 x 11 hari (tgl 17-27)                 = 121.000.000

14.000.000 x 4 hari (tgl 28-31)                  =   56.000.000  +

Jumlah                                  = 459.000.000
Saldo rata-rata harian :  459.000.000 / 31 = 14.806.452

Bunga:  (14.806.452 x 5,5% x 31) / 365 = 69.164
Bunga sebesar 69.164 merupakan bunga gross (belum dipotong pajak).
Pajak bunga tabungan: 20% x 69.164 = 13.833
Jadi bunga tabungan bulan mei yang diterima oleh nasabah: 69.164 – 13.833 = 55.331 (bunga nett)

3.   Perhitungan bunga berdasarkan saldo harian merupakan perhitungan bunga yang didasarkan pada besarnya saldo harian pada bulan berjalan, sehingga dasar perhitungannya mempertimbangkan saldo tabungan setiap hari.
Cara perhitungannya:

Bunga = (Saldo harian x suku bunga % x jml hari pd bulan berjalan)/Jml hari dalam 1 tahun

Contoh:
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
01/06/2015
Saldo Awal

10.000.000
10.000.000
04/06/2015
Setoran Tunai

5.000.000
15.000.000
06/06/2015
Setoran Tunai

7.000.000
22.000.000
15/06/2015
Penarikan Tunai
10.000.000

12.000.000
17/06/2015
Penarikan Tunai
1.000.000

11.000.000
28/06/2015
Setoran Tunai

3.000.000
14.000.000

Bunga yang diterima
Tanggal
Saldo
Jumlah Hari
Bunga Harian
1-3
10.000.000
3
10.000.000 x 5,5% x (3/365) = 4.521
4-5
15.000.000
2
15.000.000 x 5,5% x (2/365) = 4.521
6-14
22.000.000
9
22.000.000 x 5,5% x (9/365) = 29.836
15-16
12.000.000
2
12.000.000 x 5,5% x (2/365) = 3.616
17-27
11.000.000
11
11.000.000 x 5,5% x (11/365) = 18.233
28-30
14.000.000
3
14.000.000 x 5,5% x (3/365) = 6.329

Jumlah bunga selama bulan juni adalah 70,069 (bunga gross)
Pajak bunga tabungan: 20% x 67.056 = 13.411
Jadi bunga tabungan bulan juni yang diterima oleh nasabah: 67.056 – 13.411 = 53.645 (bunga nett)

Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai cara menghitung bunga tabungan. Untuk mengetahui informasi tentang cara menghitung bunga deposito silakan klik (Cara Menghitung Bunga Deposito), dan untuk mengetahui cara menghitung angsuran kredit dan bunga kredit, silakan klik (Cara Menghitung Angsuran dan Bunga Kredit).

Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Terima kasih 

37 comments:

  1. Perhitungannya masih salah gan 1-3 itu harusnya di itung 3 hari bukan 5hari gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya perbaiki....thank you gan :)

      Delete
  2. kl BCA dan BRI pke system yang mana ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sering digunakan oleh kebanyakan bank di Indonesia yaitu perhitungan bunga berdasarkan saldo rata-rata haarian.... :)

      Delete
  3. Selamat malam mas, kalo cara ketahui saldo dari bunga yg didapat di bulan januari 2016 gimana ya? Contoh, pada saat cetak buku di bulan januari tercetak nominal bunga 19.965, nah berapa total saldo pada saat itu, berapa saldo tertinggi dan terendah dari rekening tersebut, nggak harus tepat kok mas hanya kisaran saja, karena saya juga masih bingung cara hitungnya, fyi rekeningnya tahapan BCA.. Makasih mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kitungan saya si kurang lebih 5jutaan bro.
      5.000.000*5.5%*(31/365)=23.356
      23.356*20%= 4.671
      23.356-4671= 18,685
      kurang lebih lah

      Delete
  4. mau tanya. saya ini baru mau buat tabungan. saya pelajari dulu masalah bunganya di tiap bank. di web bilang kalo bunga dari bank a besarnya 1%. nah itu 1% per taun apa bulan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu per tahun gan. untuk bunga tabungan setiap bank saat ini biasanya di kisaran 5 - 5,5 % per tahun

      Delete
    2. Bank mana yang ngasih bunga tabungan perTahun 5%?

      rata-rata bank memberikan bunga untuk tabungan sebesar 0 s/d 2%

      diatas 5% jenis deposito kali bro...

      Delete
    3. Setuju gan, semua bank rata2 cuma kasih bunga 0, yang 1% pun jarang, baru pernah denger hana bank sama qnb aja.

      Delete
  5. Kalau dalam satu tanggal ada 2 kali transaksi min, misal tanggal 9 setor tunai 96jt tarik tunai 95jt, apakah nominal tersebut di jumlahkan kemudian di hitung ke bunga bank saldo harian, atau di kurangi nominal tersebut? Mohon penjelasan nya. Terimasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau misalnya di tanggal 9 tersebut hanya ada 2 transaksi, maka perhitungannya 96jt-95jt=1jt, sehingga yg dijadikan dasar perhitungan bunga hariannya yaitu 1jt :)

      Delete
  6. Bank mana yang ngasih bunga tabungan perTahun 5%?

    rata-rata bank memberikan bunga untuk tabungan sebesar 0 s/d 2%

    diatas 5% jenis deposito kali bro...


    ADA, MALAH LEBIH DARI 5.5%....

    Tabungan Dream Saver CIMB Niaga :
    6.00% s/d 6.50%

    ReplyDelete
  7. 4. Orang tua akan pensiun 18 tahun lagi. Sekarang mereka memiliki Rp 2.500.000.000 dan ingin memiliki Rp 10.000.000.000 ketika pensiun nanti berapa suku bunga yang diharapkan untuk mencapai keinginan tsb ?
    cara perhitungannya gmna?yang bisa bantu dong

    ReplyDelete
  8. klo BCA pencetakan bunga nya setiap tanggal berapa gan..? apakah selalu di tanggal yang sama atau gimana gan..?

    ReplyDelete
  9. klo BCA pencetakan bunga nya setiap tanggal berapa gan..? apakah selalu di tanggal yang sama atau gimana gan..?

    ReplyDelete
  10. AKHIR TAHUN PINJAMAN TAWARAN
    Kami memberi pinjaman wang kepada individu atau syarikat-syarikat yang mahu mewujudkan perniagaan yang menguntungkan, yang merupakan masa yang panjang dan mahu membayar hutang mereka. Kami menyediakan semua jenis pinjaman anda pernah boleh berfikir, swasta, syarikat dan pinjaman kerajaan dengan kadar faedah sebanyak 2%.
    Hubungi kami dengan alamat e-mel panas kami: (paydayloanfinancial@gmail.com) kebahagiaan anda adalah kebimbangan kami.

    maklumat peminjam:
    Nama penuh: _______________
    Negara: __________________
    Jantina: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah yang diperlukan: _______
    Tempoh pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nombor telefon: ________

    PAYDAYLOAN
    (Paydayloanfinancial@gmail.com)

    ReplyDelete
  11. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  12. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman usaha, dan kredit korporasi, dan segala macam pinjaman pada tingkat bunga 2%. Hore !!! Ini hampir sampai ke akhir tahun ini dan kami berada di Lucy Badan Kredit, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman individu dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Pinjaman Durasi: ____________
    Pinjaman bunga: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Lucysmithloanfirm
    (Lucysmithloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  13. Duit saya 8 jutaan enak nya di tabung di bank apa?
    Dana ini untuk di ambil bulanan.

    ReplyDelete
  14. BAIK KABAR BAIK KABAR BAIK BARU

    Halo semua, saya fatma dari Indonesia menyenangkan aku saran Anda semua di sini tidak untuk mengajukan pinjaman di setiap perusahaan atau pemberi pinjaman di situs ini, orang-orang ini di sini adalah palsu, penipu dan penipuan, bahkan beberapa kesaksian di sini adalah semua palsu mereka orang yang sama yang melakukan itu semua, mereka masih orang yang sama melakukannya. jadi harap berhati-hati untuk tidak jatuh sebuah tertipu atau menipu sesama Indonesia, saya ditipu empat kali sekitar Rp200.000.000 juta untuk biaya pendaftaran, biaya transfer, biaya pajak dan biaya asuransi, tapi setelah pembayaran saya saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar lagi dan lagi,

     Ini akan menarik bagi Anda untuk mengetahui bahwa tidak ada undang-undang keuangan atau aturan untuk biaya ini dalam memperoleh pinjaman dari bank, pemberi pinjaman atau perusahaan selain Allah bersyukur bahwa saya kemudian menerima pinjaman sebesar $ 100.000 dari perusahaan yang seorang teman saya yang memperkenalkan saya ke nyata dan perusahaan pinjaman dapat diandalkan, (theresaloancompany@gmail.com), mereka adalah perusahaan terkemuka sekarang di Asia, mereka berada di sini untuk membantu kita semua yang telah scammed dan ditipu, jadi jika Anda membutuhkan kredit yang lebih baik pergi ke perusahaan di

    (Theresaloancompany@gmail.com) atau jika Anda memiliki teman-teman dan memberitahu mereka untuk membantu Anda untuk menghubungi mereka untuk pinjaman, oke, Anda bisa mendapatkan yang sangat sederhana untuk mendapatkan serendah 2% dari pinjaman tanpa agunan atau penjamin. Ini adalah email mereka

    (Theresaloancompany@gmail.com) Anda dapat menghubungi mereka dengan aplikasi Anda baik-baik saja dengan mereka Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu 24 jam, Genuine cepat dan saya harus membantu penipuan negara saya, email saya adalah (Feyzilfatma@gmail.com) hubungi saya atau (martinimarais1986@gmail.com) untuk info lebih lanjut, saya siap untuk membantu Tuhan memberkati Anda perhatikan all.please ada biaya pendaftaran tidak ada biaya transfer, tidak ada biaya pajak, tidak ada biaya asuransi) pemberi pinjaman real atau perusahaan tidak mengumpulkan biaya ini .Allah memberkati kita biaya transfer, biaya tidak ada pajak, tidak ada biaya asuransi) Lender Perusahaan nyata atau tidak mengumpulkan penutup biaya Singer,

    ReplyDelete
  15. Gk jls bca deposit 5 jt gk diambil2 mala habis sendiri. Dipotong trus.. Bunga 5 jt gak ada x ya... Bukan sperti bri.

    ReplyDelete
  16. Kalo bank mandiri untuk sekarang, perhitungan bungax gmn gan,,
    Semisal bunga Di akhir bulan. 168.84
    Bank mandiri ngitung bungax dr saldo terendah, saldo rata2, atau saldo harian..?

    ReplyDelete
  17. Gan kalo setor tunai itu dapet bunga ga sih?

    ReplyDelete
  18. GILA BENAR BENAR GILA BANYAK PENIPUAN DARI TULISAN BLOGGER YANG MENAWARKAN PINJAMAN.......HATI HATI JANGAN TERPANCING. HANYA ORANG TOLOL YANG MUDAH TERGIUR DENGAN PROMOSI PARA BLOGGER DIATAS.....

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. kak, kan saya ada rekening giro. kan kalo rekening giro itu kena biaya admin 25000 per bulan, kalo misalnya saya mau dapet bunga lebih dari biaya admin, itu minimal saldo di rekening giro saya berapa ya kak. rekeningnya gak ada transaksi sama sekali, karena belum aktif. jadi setiap bulan hanya dipotong biaya admin. tolong dijawab yah :) terimakasih..

    ReplyDelete
  21. Elizabeth tertarik Pinjaman Terbatas adalah salah satu perusahaan pinjaman independen terkemuka di seluruh dunia. Kami memberikan pinjaman, Pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda, Pinjaman Hipotek, Pinjaman untuk mengkonsolidasikan hutang Anda. Kami mapan dan selama bertahun-tahun telah mengembangkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan kebutuhan pribadi Anda. Kami berkomitmen untuk memperlakukan pelanggan kami dengan adil dan menawarkan layanan yang profesional, ramah dan membantu. Prosedur kami dirancang agar sesuai dengan Anda, untuk memastikan bahwa kami menawarkan produk yang sesuai dengan kondisi Anda, formalitas dikurangi seminimal mungkin, dan bersamaan dengan pendekatan fleksibel kami terhadap setiap program, pastikan Anda menyelesaikan permintaan pinjaman Anda. Kami telah membantu pelanggan mengubah dan memperbaiki kehidupan mereka selama lebih dari 42 tahun dan kami benar-benar mandiri, kami berada dalam posisi yang unik untuk menawarkan berbagai pinjaman untuk semua jenis bisnis dan individu. Tujuan kami adalah untuk memenuhi kebutuhan finansial anda dan kepuasan anda sangat penting bagi kami. Itulah sebabnya kami harus memberikan pinjaman kepada suku bunga 2%, tolong kembali kepada kami hari ini jika Anda tertarik dengan layanan kami.
    E-mail: elizabethkeenloan.co2828@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga seluruh ASIA, nama saya adalah Ibu Nurliana Novi, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini mengenai platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik

     Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus menolak, saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya menipu dan kehilangan Rp 15.000.000 dengan pinjaman pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Nyonya Elina, pemilik perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk melamar dari Ibu Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Mrs. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan atas pengalihan kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan pinjaman. Transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya sehingga akun saya dikreditkan sebesar Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doaku dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina karena telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain yang online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, sayalah satu-satunya dengan kesaksian sejati ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta bukti dari pembayaran kepada ibu tersebut, mohon berhati-hati terhadap orang-orang ini baik-baik saja.

    Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian tentang hidup sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda bisa menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    ReplyDelete
  23. Saya ingin mengembalikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang Dia gunakan untuk Ibu Rossa lakukan dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal di dalam mobil. kecelakaan dan sejak saat itu kehidupan menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak bisa mendapatkan pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
    Pada hari yang penuh dedakan ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk menanyakan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya bahwa Benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya masih utuh dan saya sangat bahagia dan Saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi dan juga teman-teman saya A nnisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

    ReplyDelete
  24. Apakah Anda memerlukan pinjaman secara nyata? Pernahkah Anda ditolak oleh organisasi keuangan, bank dan perusahaan keuangan lainnya? Jika iya, jangan khawatir lagi karena @ ROSSA STANLEY perusahaan pinjaman, kami adalah perusahaan pembiayaan yang berpengalaman yang memberikan hassle free loan kepada individu-individu yang serius dan serius, perusahaan, badan usaha dan masyarakat umum dengan bunga sebesar 2%. Kami memiliki akses ke kumpulan uang tunai untuk diberikan kepada perusahaan dan mereka yang memiliki rencana untuk memulai bisnis tidak peduli seberapa kecilnya. Dipastikan bahwa kesejahteraan dan kenyamanan Anda adalah prioritas utama kami, mengapa kami berada di sini untuk mengurus pemrosesan pinjaman Anda. . Hubungi layanan pelanggan kami

    N: B Tolong jangan hubungi kami jika anda belum siap untuk mendapatkan modal ventura anda
      
      Email: rossastanleayloancompany@gmail.com
      Viber: +15186756750
      Instagram: Rossamikefavor
      Twitter: Rossastanlyloan
      Facebook: Stanley Rossa
       
    untuk respon cepat dan cepat ....
    Mohon mengisi formulir aplikasi di bawah ini dan kami akan menghubungi Anda lagi,
                                                   
                                                       DATA PEMOHON:

    1. Nama
    2. negara
    3. Alamat
    4. Jenis kelamin
    5. Bekerja
    6. Posisi di tempat kerja
    7. Pendapatan bulanan
    8. Jumlah pinjaman dibutuhkan
    9. Durasi pinjaman
    10. Agama
    11. Sudahkah anda mengajukan permohonan sebelumnya dan telah ditolak? Jika ya
    12.Date of Birth
                                       Kami hadir untuk kebutuhan finansial anda


    Nyonya Rossa
    Alamat email: rossastanleyloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
  25. Halo sesama orang Indonesia, saya ingin Anda membantu saya bersyukur kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs.Elizabeth Kean. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam tipen, dan saya tidak dapat membayar tagihan rumah sakit karena saya tidak mempunyai Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya membayar biaya, pajak, asuransi, dll. , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka membodohi saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 kreditur pinjaman yang berbeda di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah penipu dan penipu. Kondisi saya menjadi sangat kritis dan saya berada di titik kematian sebelum perawat di rumah sakit memberi tahu saya di mana dia mengambil pinjaman dan ini nyata dan asli, dia mengenalkan saya pada Ibu Elizabeth Kean, di mana saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2% (2 persen), dan pinjaman tersebut disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka karena mereka mengatakan syarat dan ketentuan perusahaan yang harus diminta oleh semua pelanggan sebelum memperoleh pinjaman, dan setelah pendaftaran saya, saya mendapatkan pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya Pinjaman tersebut dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya mengucapkan terima kasih kepada Nyonya Elizabeth Kean karena telah membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Silakan jika Anda mencari pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin memberi saran kepada Anda bahwa mereka adalah begitu banyak curang dan scammers di sini di internet. Saya akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda sebaiknya menerapkan di mana saya menerapkannya yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tanpa agunan. hubungi Ibu Elizabeth Kean sekarang jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau curang, emailnya adalah elizabethkeenloan.co2828@gmail.com
     . dan Anda juga bisa menghubungi saya di dianahmad7000@gmail.com saya
     Tuhan memberkati kalian semua

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.