Sunday, June 7, 2015

Cara SMS Banking Bank Mandiri (Mandiri SMS)

Bank Mandiri merupakan bank umum konvensional milik pemerintah (BUMN) yang memiliki nasabah, kantor cabang dan ATM yang tersebar di seluruh Indonesia. Bank Mandiri merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, yang menawarkan berbagai produk perbankan untuk nasabahnya, baik produk funding maupun produk lending. 

Setiap bank umum di Indonesia terus meningkatkan layanan untuk nasabahnya. SMS Banking merupakan salah satu layanan perbankan untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi finansial, karena dengan menggunakan layanan SMS Banking nasabah dapat melakukan transaksi finansial dimana saja kapa saja selama lokasi nasabah berada terdapat jaringan dari operator seluler yang digunakan. Salah satu bank yang menyediakan layanan SMS Banking adalah Bank Mandiri dengan nama layanannya Mandiri SMS.

Untuk Anda nasabah Bank Mandiri yang ingin mengetahui cara daftar dan cara menggunakan layanan SMS Banking Mandiri (Mandiri SMS), ikuti langkah-langkah berikut ini:


Sebelum Anda melakukan registrasi Mandiri SMS, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi, yaitu:
1. Memiliki rekening mandiri tabungan, mandiri tabungan bisnis, dan mandiri giro serta telah memiliki SIM Card provider telekomunikasi yang telah bekerjasama dengan Bank Mandiri (Kartu HALO, simPATI, Kartu As, Matrix, Mentari, IM3, XL pasca bayar, XL prabayar, Telkom Flexi, esia, Fren).
2. Untuk pendaftaran melalui ATM Mandiri harus memiliki kartu ATM Mandiri.
3. Untuk pendaftaran di kantor cabang harus menunjukkan bukti identitas diri seperti KTP/SIM, Paspor, KIMS dan kartu ATM Mandiri, kemudian akan dibantu pendaftarannya oleh customer service.  Setelah melakukan pendaftaran di mesin ATM Mandiri atau di Kantor cabang mandiri, maka nasabah akan memperoleh PIN melalui SMS dalam 1 x 24 jam dan harus segera diubah agar dapat melakukan transaksi.

Setelah Anda memenuhi syarat-syarat tersebut diatas, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran Mandiri SMS melalui ATM Mandiri dengan cara sebagai berikut:
1.  Masuk ke menu “Pendaftaran e-banking” kemudian lakukan langkah sebagai berikut:
Pilih “SMS Banking” ----> Pilih “Pendaftaran SMS Banking Mandiri” ----> Masukkan nomor handphone Anda ----> Buat sendiri PIN SMS Banking Anda -----> Pilih YA atau TIDAK untuk layanan notifikasi SMS
2.  Setelah pendaftaran selesai layanan mandiri SMS Anda siap digunakan (hanya untuk transaksi non financial dan informasi seperti cek saldo dan mutasi rekening ).
3.  Untuk dapat bertransaksi finansial seperti melakukan transfer, bayar tagihan, isi ulang pulsa silakan datang ke cabang Bank Mandiri terlebih dahulu untuk mengubah kode layanan menjadi SMS01.
4.  Bagi anda yang mendaftar di ATM Mandiri, gunakan PIN yang dibuat di ATM Mandiri untuk bertransaksi. Bagi yang mendaftar di kantor cabang Bank Mandiri, PIN yang diperoleh via SMS agar diubah terlebih dahulu sebelum bertransaks.
   
Setelah semua proses registrasi Mandiri SMS telah berhasil dilakukan, maka kini Anda dapat menggunakan layanan Mandiri SMS dengan cara mengetikan keyword/perintah transaksi pada menu SMS ponsel Anda dan kirim SMS tersebut ke 3355, kemudian Anda akan menerima balasan SMS atas transaksi yang dilakukan.

Contoh pembelian pulsa isi ulang simPATI dengan layanan SMS Banking Mandiri
1.  Ketik SMS pada handphone Anda dengan perintah transfer dan format sebagai berikut:
ISI <kode rekening sendiri> <no handphone> <nilai voucher>
Contoh pengetikan: ISI 1 081223344556 50000
Kemudian kirim SMS tersebut ke 3355
2.  Anda akan menerima balasan SMS dari 3355 yang berisi konfirmasi transaksi berikut permintaan 2 digit kombinasi PIN SMS Banking Mandiri yang harus Anda ketik.
3.  Sebagai otorisasi transaksi, Anda harus mengetik 2 digit kombinasi PIN SMS Banking Mandiri sesuai yang diminta oleh system. Misal PIN anda adalah 456789, dan diminta digit ke-2 dan ke-5 dari PIN SMS Banking Mandiri Anda, maka Anda harus mengetik angka 58, kemudian dikirim ke 3355.
4.  Selanjutnya Anda akan memperoleh konfirmasi keberhasilan transaksi dari Bank Mandiri.

Beberapa contoh keyword/perintah transaksi SMS Banking Mandiri

Transfer Antar Rek.Mandiri
Format Perintah SMS    : TRT <kode rek.sendiri> <no rek.tujuan> <jumlah>
Contoh SMS                  : TRT 1 0700001234567 1000000

Pembelian Isi Ulang Pulsa
Format Perintah SMS    : ISI <kode rek.sendiri> <no HP> <nilai voucher>
Contoh SMS                  : ISI 1 08123456789 50000

Pembayaran Kartu Kredit
Format Perintah SMS    : BYR KK <kode rek.sendiri> <16 digit no kartu> <jml pembayaran>
Contoh SMS                  : BYR KK 1 4567123467890123 700000

Pembayaran Telpon/HP Pasca Bayar
Format Perintah SMS    : BYR <kode rek.sendiri> <no HP/telp>
Contoh SMS                  : BYR 1 081123456789

Pembayaran PLN
Format Perintah SMS    : BYR PLN <kode rek.sendiri> <12 digit no pelanggan>
Contoh SMS                  : BYR 1 2222333344445555

Informasi Saldo
Format Perintah SMS : SAL <kode rek.sendiri> <4 digit terakhir no.rek>
Contoh SMS               : SAL 1 6789

Informasi Mutasi Rekening
Format Perintah SMS    : TRN <kode rek.sendiri>
Contoh SMS                  : TRN 1

Informasi Mutasi Rekening
Format Perintah SMS    : TRN <kode rek.sendiri>
Contoh SMS                  : TRN 1

Perubahan PIN
Format Perintah SMS    : PIN <PIN lama> <PIN baru> <PIN baru>

Contoh SMS                  : PIN 123456 446688 446688

Apabila Anda ingin mengetahui informasi tentang mobile banking, sms banking dan internet banking bank yang ada di Indonesia, silakan klik e-Banking.

Itulah informasi mengenai cara menggunakan layanan SMS Banking Mandiri, semoga dapat membantu Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.