Thursday, June 4, 2015

Produk Bank Umum



Di Indonesia ada beberapa jenis bank diantaranya adalah Bank Umum Konvensional, Bank Umum Syariah, Bank Devisa, Bank Perkreditan Rakyat yang memiliki produk funding dan lending yang ditawarkan kepada masyarakat. Dari masing-masing bank tersebut memiliki cakupan bisnis serta prinsip-prinsip kegiatal operasional yang berbeda sebagaimana yang telah diatur di dalam peraturan Bank Indonesia.

Setiap bank tentu ingin menghimpun dana sebanyak-banyaknya dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat yang membutuhkan dana dalam bentuk pinjaman kredit dengan harapan masyarakat dapat mengembalikan uang pinjaman tersebut ditambah bunga kepada bank yang pembayarannya dapat diangsur secara rutin setiap bulan atau diberi tenggang waktu tertentu berdasarkan kesepakatan bersama.

Untuk mencapai tujuan bisnisnya tersebut, maka bank menawarkan berbagai macam produk perbankan kepada masyarakat. Produk-produk perbankan dibuat untuk meraih berbagai macam segmen pasar yang diinginkan oleh bank.

Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai produk bank umum. Berikut ini penjelesannya:

Produk Bank Umum dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu:

1. Produk Funding
Pengertian Funding yaitu menghimpun dana dari pihak ketiga/masyarakat dengan ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak (bank dan pihak ketiga).

Produk Funding terdiri dari:
a. Tabungan (Saving Account) adalah simpanan berupa uang dari pihak ketiga perorangan atau badan usaha pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan media tertentu, tetapi tidak bisa menggunakan cek, bilyet giro, dan atau alat lainnya yang dipersamakan dengan itu .
b. Giro (CurrentAccount) adalah simpanan berupa uang dari pihak ketiga perorangan atau badan usaha pada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan warkat Cek dan Bilyet Giro.
c. Deposito (Time Deposit) adalah simpanan berupa uang dari pihak ketiga perorangan atau badan usaha pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu berdasarkan perjanjian yang telah disepakati olen nasabah dan bank.

2. Produk Lending
Pengertian Lending adalah menyalurkan dana kepada peminjam/nasabah dalam bentuk kredit, yang mewajibkan nasabah/peminjam untuk membayar kembali kepada bank dalam jangka waktu tertentu dengan pemberian bunga, sesuai dengan kesepakatan.

Produk Lending terdiri dari:
a. Kredit Kepemilikan Kendaraan (K3) adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk pembelian kendaraan baru atau bekas.
b. Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk membeli rumah atau memperbaiki rumah.
c. Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah kredit yang diberikan oleh bank dalam bentuk uang tunai, tanpa memberikan jaminan. Kredit Tanpa Agunan biasa juga disebut dengan Kredit Multi Guna. 
d. Kredit Usaha Bank Umum adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari bank untuk mendukung tujuan usaha, dengan berdasarkan kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan peminjam untuk melunasi pinjaman dalam jangka waktu tertentu.

Apabila Anda ingin mengetahui juga mengenai cara menghitung bunga tabungan, silakan klik (Cara Menghitung Bunga Tabungan). Atau Anda ingin mengetahui cara menghitung bunga kredit dan angsuran kredit, silakan klik disini.

Itulah informasi yang dapat saya berikan tentang produk bank umum, semoga informasi ini dapat bermanfat untuk Anda. Terima kasih.

1 comment:

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.