Friday, November 6, 2015

Cara Menggunakan Internet Banking Danamon (Danamon Online Banking)


Danamon Online Banking merupakan layanan internet banking yang dipersembahkan kepada nasabah perorangan Bank Danamon untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama lokasi nasabah berada terdapat jaringan internet dari nomor ponsel yang digunakan oleh nasabah.

Untuk Anda nasabah Bank Danamon yang ingin menggunakan layanan Internet Banking Danamon (Danamon Online Banking), Anda harus  melakukan registrasi terlebih dahulu dengan memilih salah satu cara registrasi,  yaitu bisa melalui ATM Bank Danamon atau melalui kantor cabang Bank Danamon terdekat atau melalui website Danamon online (https://www.danamonline.com), dengan cara sebagai berikut:

 

1.   Registrasi melalui website Danamon online

-

Akses https://www.danamonline.com

-

Pilih menu “Bantuan” kemudian pilih Menu “Regitrasi Online”

-

Pilih jenis kartu yang dikehendaki (jika Anda menggunakan Kartu ATM/Debit Danamon untuk Registrasi Online, Anda dapat melakukan link dengan Kartu Kredit Danamon. Tetapi jika menggunakan Kartu Kredit Danamon untuk Registrasi Online, Anda tidak dapat melakukan link dengan Kartu ATM/Debit Danamon)

-

Lengkapi data yang diminta oleh system

-

User ID Sementara akan dikirimkan melalui e-mail, dan Password Sementara akan dikirimkan melalui SMS

 

2.   Registrasi melalui mesin ATM Bank Danamon

-

Masukkan kartu ATM Anda

-

Masukkan nomor PIN ATM Anda

-

Pilih menu "Registrasi Internet Banking"

-

Masukkan nomor ponsel Anda

-

User ID Sementara akan tercatat di struk ATM, dan Password Sementara akan dikirimkan melalui SMS

 

3.   Registrasi di cabang Bank Danamon melalui mesin EDC PINPad

-

Mendatangi customer service Bank Danamon

-

Pada mesin EDC PINPad, pilih Internet Banking lalu memilih menu Registrasi

-

Gesek Kartu ATM/Debit pada mesin EDC PINPad lalu masukkan PIN dan No. Ponsel (Pastikan PIN dan No. Ponsel Anda tidak diketahui pihak lain)

-

User ID Sementara akan tertera pada struk yang dihasilkan mesin EDC PINPad, dan Password Sementara akan dikirim melalui SMS ke nomor ponsel yang telah dimasukkan pada saat Registrasi.

 

Ketentuan:

-

(Untuk User ID Sementara dan Password Sementara harus Anda gunakan dalam 14 hari setelah registrasi. Apabila User ID Sementara dan Password Sementara tidak digunakan dalam jangka waktu 14 hari setelah registrasi, maka Anda harus melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan kembali User ID Sementara dan Password Sementara)

-

Ketika login pertama kali menggunakan User ID Sementara dan Password Sementara, Anda harus melakukan penggantian User ID dan Password Sementara untuk menjamin keamanan Nasabah pengguna Danamon Online Banking

-

Pastikan bahwa User ID baru yang digunakan terdiri dari antara 8-20 karakter berupa huruf dan/atau angka

-

Pastikan bahwa Password baru yang digunakan terdiri dari 8 karakter berupa huruf dan/atau angka

 

Setelah melakukan registrasi Danamon Online Banking dengan memilih salah satu cara diatas, agar Anda dapat melakukan transaksi perbankan, maka Anda harus mengaktifkan Token sebagai piranti keamanan dalam melakukan transaksi perbankan. Bank Danamon menyediakan dua Token yang harus Anda pilih salah satu, yaitu Perangkat Token dan SMS Token.

 

Perangkat Token

-      Perangkat Token adalah alat yang dapat menghasilkan Kode Rahasia Token berupa Challenge Response maupun One Time Password (OTP) yang kodenya berubah-ubah setiap Anda melakukan transaksi perbankan. Anda harus memasukkan kode tersebut setiap Anda melakukan transaksi di Danamon Online Banking.

-      Anda dapat meminta Perangkat Token secara online melalui situs Danamon Online Banking dengan memilih Menu Permintaan Perangkat Token, dan memilih Kota dan Cabang dimana Anda mudah menjangkaunya untuk mengambil Token tersebut. Anda dapat mengambil Perangkat Token paling cepat satu hari kerja Bank setelah melakukan permintaan Perangkat Token melalui Danamon Online Banking.

-      Untuk aktivasi Perangkat Token, Anda harus mengisi Formulir Aktivasi dan Deaktivasi Token pada cabang dimana Anda mengambil Perangkat Token, dan Bank akan melakukan proses aktivasi. Perangkat Token akan diaktivasi paling lambat dua hari kerja Bank setelah pengambilan Perangkat Token.

-      Anda harus memasukkan kode Token PIN pada Perangkat Token Anda untuk memulai penggunaannya. Pastikan Anda sudah mengganti Token PIN yang diterima dari Token PIN Mailer dan jangan pernah memberitahukannya kepada orang lain.

 

SMS Token

-      SMS Token adalah Kode Rahasia berupa One Time Password (OTP) yang berubah-ubah yang dihasilkan pada saat Anda menekan tombol “Lanjut” pada halaman transaksi di situs Danamon Online Banking. Kode ini akan dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang telah terdaftar di Bank Danamon, dan kode tersebut harus Anda masukkan setiap melakukan transaksi di Danamon Online Banking. Dengan SMS Token, Anda dapat melakukan transaksi Danamon Online Banking tanpa harus membawa Perangkat Token.

-      Untuk aktivasi SMS Token, Anda harus mendatangi customer service Kantor Cabang Bank Danamon Konvensional terdekat, kemudian pada mesin EDC PINPad pilih menu Internet Banking, lalu pilih Aktivasi SMS Token. Selanjutnya gesek Kartu ATM/Debit pada mesin EDC PINPad lalu masukkan PIN dan No. Ponsel (Pastikan PIN Anda tidak diketahui pihak lain).

 

Apabila Anda telah berhasil melakukan registrasi Danamon Online Banking dengan salah satu cara diatas serta telah melakukan aktivasi Perangkat Token atau SMS Token, maka Anda dapat menggunakan fitur-fitur transaksi perbankan yang tersedia sebagai berikut:

 

Informasi

-

Informasi saldo

-

Informasi mutasi rekening

Trasnfer

-

Transfer dana antar rekening Danamon

-

Trasnfer dana antar Bank (Online – ATM Bersama/ALTO, LLG, RTGS – valuta rupiah)

Pembayaran

-

Pembayaran kartu kredit ( Danamon, American Express® Charge/Credit Card, HSBC, Citibank, ANZ, BNI, Permata/GE, CIMB Niaga, BCA, Mandiri, Bank Mega, BII, BRI, Standard Chartered, UOB, OCBC NISP, Panin, Bukopin dan ICBC)

-

Pembayaran tagihan Telkom.

-

Pembayaran tagihan PLN

-

Pembayaran tagihan ponsel pasca bayar ( Telkomsel, Indosat, XL, 3, Esia, Flexi dan Smartfren)

-

Pembayaran Televisi Berbayar Indovision

-

Pembayaran Cicilan Kredit (Oto Multi Artha dan Summit Oto Finance)

-

Pembayaran Iuran Sekolah (Bina Sarana Informatika)

-

Pembayaran Asuransi ADIRA Insurance

Pembelian

-

Pembelian pulsa isi ulang (IM3, Simpati Telkomsel, Mentari, XL, Esia, AS, Flexi, Smartfren dan Axis)

-

Pembelian Listrik Prabayar

-

Pembelian Online: DealKeren-livingsocial

Lainnya

-

Notifikasi transaksi melalui SMS dan E-mail

-

Online Statement (Tabungan, Kartu Kredit, American Express® Charge Card)



Jika Anda ingin mengetahui juga cara menggunakan SMS banking, mobile banking dan internet banking bank lainnya, silakan klik (e-Banking). Atau Anda ingin mengetahui cara menghitung bunga kredit dan angsuran kredit, silakan klik (Cara Menghitung Bunga Kredit dan Angsuran Kredit).

 

Itulah informasi mengenai cara menggunakan Internet Banking Danamon (Danamon Online Banking), semoga dapat membantu Anda. Terima kasih.

5 comments:

  1. kenapa informasi mutasi mbanking hanya 1 bulan terakhir ? apakah bisa mengetahui data informasi mutasi terakhir dari awal pembuatan rekening ?
    salam hangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mutasi transaksi di mbanking setiap bank berbeda-beda, ada yang 3 bln terakhir tergantung kebijakan masing-masing bank. Untuk megetahui rincian lengkap mungkin Anda dapat mendatangi Bank Danamon terdekat untuk cetak passbook (buku tabungan) atau minta print out mutasi secara lengkap....terima kasih... :)

      Delete
  2. Pin mailer didapat dari mana ya? karna pada saat pengambilan perangkat token tidak di beritahu atau disuruh mengganti pin pada perangkat token?
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saat ini tidak menggunakan PIN Mailer lagi, tetapi pada saat pengambilan perangkat token, nasabah langsung dapat merubah PIN nya di cabang.... :)

      Delete
  3. Saat pembelian token listrik,muncul ID Transaksi apa maksudnya itu, tampilannya sudah berubah tidak seperti biasanya, saya kesulitan sekali..mohon jawabannya

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.