Friday, February 5, 2016

Karakteristik atau Ciri-ciri Fisik Kartu Kredit (Credit Card)

Bank memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan untuk nasabahnya, mulai dari produk funding seperti tabungan, giro, deposito serta produk lending seperti kredit kepemilikan rumah, kredit kepemilikan kendaraan, kredit multiguna, kredit corporate, kartu kredit, dan lain-lain. Setiap bank memiliki segmen bisnis masing-masing, sehingga produk lending bank yang satu tentu akan berbeda dengan produk bank lainnya. Salah satu produk perbankan yang biasanya dimiliki oleh setiap bank ternama yaitu kartu kredit (credit card).

Bagi Anda yang sering berhubungan dengan bank atau sering menggunakan layanan dan jasa bank, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya kartu kredit (credit card). Mungkin Anda sudah memiliki kartu kredit dan sering menggunakan kartu kredit untuk pembelanjaan di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan penerbit kartu kredit/bank, atau Anda sering juga melakukan penarikan tunai dengan menggunakan kartu kredit di mesin ATM. Meskipun Anda sudah memiliki kartu kredit dan sering menggunakan kartu kredit, terkadang tidak mengetahui dan cenderung mengabaikan karakteristik/ciri-ciri fisik kartu kredit secara detil.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai karakteristik atau ciri-ciri fisik kartu kredit (credit card). Untuk Anda yang telah memiliki kartu kredit (credit card) atau yang ingin memiliki kartu kredit, sebelum membaca mengenai karakteristik/ciri-ciri fisik kartu kredit lebih lanjut, sebaiknya dibaca terlebih dahulu artikel saya sebelumnya tentang pengertian kartu kredit, cara menggunakan kartu kredit dan system pembayaran kartu kredit agar ada sedikit gambaran tentang kartu kredit. Silakan klik (Pembahasan Kartu Kredit).

Berikut ini adalah penejelasan mengenai karakteristik atau ciri-ciri fisik dari kartu kredit (credit card):
  1. Chip Data, merupakan teknologi canggih yang didalamnya berisi data-data pribadi pemegang kartu, yang dirancang secara khusus demi keamanan dalam bertransaksi dan proteksi data pribadi pemegang kartu.
  2. Nomor Kartu, merupakan nomor yang terdiri dari 16 digit yang harus dicantumkan pada saat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, penyetoran, maupun melakukan korespondensi atau berhubungan dengan pihak bank/penerbit kartu.
  3. Member Since, terdiri dari dua digit yang menunjukkan tahun dimulainya keanggotaan kartu kredit atau tahun pada saat terdaftar sebagai pemegang kartu kredit. Pada contoh gambar diatas tahun dimulainya keanggotaan kartu kredit yaitu tahun Desember/2012.
  4. Nama, menunjukkan nama pemegang kartu. Jadi kartu kredit ini hanya dapat digunakan oleh pemegang kartu sesuai dengan nama yang tertera pada kartu. Pastikan nama Anda tercetak dengan benar pada saat kartu Anda terima.
  5. Valid Thru, menunjukkan masa berlakunya Kartu Anda. Kartu Anda dapat digunakan sampai dengan tanggal terakhir pada bulan dan tahun dari masa berlaku yang tercantum pada kartu. Jadi, pada contoh gambar diatas masa berlaku kartu kredit yaitu sampai dengan bulan 31-01-2017.
  6. Logo Visa Card. Pada contoh gambar diatas logonya Visa. Berarti logo tersebut menandakan bahwa kartu Anda dapat dipakai di seluruh tempat yang mencantumkan logo Visa. Jika logonya Mastercard, maka kartu Anda dapat dipakai di seluruh tempat yang mencantumkan logo Mastercard.
  7. Garis Magnetik, berisikan informasi penting mengenai Kartu Anda untuk proses otorisasi dan penggunaan ATM. Jika kartu kredit Anda tidak ingin cepat rusak, maka jauhkan garis magnetik ini dari air, alat elektronik serta benda-benda mengandung magnet yang dapat menghapus data pada garis tersebut.
  8. Stiker Tanda TanganSilahkan tanda tangani kolom tersebut pada saat Anda menerima kartu kredit demi keamanan dan kenyamanan, sesuai dengan kartu tanda pengenal Anda (KTP/SIM/KITAS). Anda harus menggunakan tanda tangan yang sama setiap kali bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit Anda.
  9. Hologram VisaTanda tersebut menandakan keaslian dari kartu Visa. Jika logonya Mastercard, maka hologramnya berbentuk logo mastercard.

Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai karakteristik atau ciri-ciri fisik dari kartu kredit (credit card). Apabila Anda ingin mengetahui juga mengenai cara menghitung bunga deposito, silakan klik (Cara Menghitung Bunga Deposito). Atau Anda ingin mengetahui juga mengenai syarat-syarat simpanan yang dijamin oleh LPS, fungsi LPS dan pengertian LPS, silakan klik (LPS).

Semoga informasi ini dapat membantu Anda serta menambah wawasan Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.