Saturday, March 19, 2016

Biaya-biaya yang Ada di Kartu Kredit (Credit Card)

Kartu Kredit merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh bank umum yang ditawarkan kepada nasabah, dengan tujuan agar nasabah dapat berbelanja/bertransaksi secara non tunai di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan bank, dimana transaksinya akan dibayar terlebih dahulu oleh bank kepada merchant, dan pada saat tagihan kartu kredit tersebut jatuh tempo, maka nasabah harus membayar/melunasinya kepada bank.

Saat ini banyak sekali merchant yang telah bekerjasama dengan bank/penerbit kartu dan tersebar di seluruh Indonesia maupun luar negeri, sehingga nasabah/pemegang kartu memiliki banyak pilihan produk atau jasa untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit. Mulai dari restoran, hotel, mall, online store, rumah sakit, salon, tempat wisata, bioskop, payment point, dan lain-lain.

Setelah bertransaksi menggunakan kartu kredit, maka dalam jangka waktu tertentu nasabah/pemegang kartu akan mendapatkan lembar tagihan dari bank/penerbit kartu. Di lembar tagihan tersebut akan dicantumkan rincian transaksi, tanggal transaksi, tempat transaksi, biaya-biaya, total tagihan kartu kredit yang harus dibayar, dan keterangan lainnya. Pada kesempatan ini, saya akan mencoba membahas mengenai biaya-biaya yang ada di kartu kredit.

Mungkin Anda sebagai pemegang kartu kredit pernah bertanya-tanya mengenai biaya-biaya yang ada di lembar tagihan. Untuk Anda yang ingin mengetahui biaya-biaya apa saja yang dikenakan jika menggunakan kartu kredit, berikut ini penjelasannya:

Biaya Iuran Keanggotaan Tahunan (Annual Fee)
Merupakan biaya yang dibebankan kepada pemegang kartu setiap setahun sekali. Besarnya biaya annual fee ini berbeda-beda tergantung dari bank/penerbit kartu dan jenis kartu yang digunakan. Misalnya biaya iuran tahunan untuk kartu kredit gold Bank A akan berbeda dengan biaya iuran tahunan kartu kredit gold Bank B. Biasanya biaya iuran tahunan untuk kartu kredit classic antara Rp 75.000 – 150.000, kartu kredit silver antara Rp 150.000 – Rp 250.000, kartu kredit gold antara Rp 250.000 – Rp 350.000. Ada juga bank/penerbit kartu yang memberikan iuran tahunan gratis untuk tahun pertama dan tahun berikutnya harus bayar, dan bahkan ada yang gratis tanpa dikenakan iuran tahunan.

Jika Anda pemilik kartu kredit dan dikenakan iuran tahunan, jangan khawatir karena iuran tahunan tersebut dapat dihapuskan. Beberapa bank/penerbit kartu kredit memberikan kebijakan dapat menghapuskan iuran tahunan yaitu dengan cara menukarkan poin atau dalam satu tahun nasabah/pemegang kartu mencapai transaksi dengan jumlah tertentu yang telah ditetapkan.
1. Penghapusan Iuran Tahunan Dengan Menukarkan Poin
Poin didapatkan setiap Anda melakukan transaksi, misalnya Anda melakukan transaksi pembelanjaan bulan ini dengan kartu kredit sebesar Rp 3.000.000, maka Anda akan mendapatkan 600 poin. Bulan berikutnya Anda melakukan transaksi sebesar Rp 3.000.000, maka akan mendapatkan 600 poin lagi. Poin-poin tersebut diakumulasi dan nantinya dapat ditukarkan dengan iuran tahunan dengan cara menghubungi call center bank/penerbit kartu. 
2. Penghapusan Iuran Tahunan Jika Transaksi Mencapai Jumlah Tertentu
Selain penghapusan iuran tahunan menggunakan poin, penghapusan iuran tahunan juga dapat dilakukan apabila nasabah/pemegang kartu dalam satu tahun mencapai transaksi dengan jumlah tertentu yang telah ditetapkan oleh bank/penerbit kartu. Misalnya bank/penerbit kartu kredit menetapkan apabila transaksi dalam 1 tahun mencapai minimal Rp 6.000.000, maka iuran tahunan dapat dihapuskan. Cara pengajuannya yaitu dengan menghubungi call center bank/penerbit kartu karedit.

Biaya Penarikan Tunai
Merupakan biaya yang dibebankan kepada pemegang kartu jika melakukan penarikan uang tunai menggunakan kartu kredit di mesin ATM. Biaya penarikan uang tunai ini berbeda-beda setiap bank. Biasanya sebesar 6% - 10% dari nominal tarik tunai atau sekurang-kurangnya Rp 50.000 dan juga dikenakan bunga harian.

Biaya Keterlambatan
Biaya keterlambatan dikenakan kepada pemegang kartu kredit apabila pembayaran diterima oleh bank/penerbit kartu kredit setelah tanggal jatuh tempo pembayaran, atau pembayarannya kurang dari jumlah minimal yang telah ditentukan yang tercantum di dalam lembar tagihan. Setiap bank berbeda-beda, biasanya sebesar 4% - 6%. Untuk menghindari denda, maka pembayaran kartu kredit jangan melebihi tanggal jatuh tempo.

Biaya Overlimit
Biaya overlimit merupakan biaya yang dikenakan kepada pemegang kartu apabila melakukan transaksi melebihi batas kredit yang tersedia tanpa adanya persetujuan sebelumnya dari bank/penerbit kartu. Besarnya biaya overlimit biasanya sekitar Rp 75.000 – Rp 150.000. Untuk menghindari biaya overlimit, sebelum Anda melakukan transaksi pastikan terlebih dahulu sisa kredit yang tersedia dengan cara menghubungi call center bank/penerbit kartu.

Biaya Penggantian Kartu
Biaya ini akan dibebankan apabila pemegang kartu ingin membuat kartu baru dikarenakan kartu lama rusak atau hilang. Untuk penggantian kartu karena masa berlaku kartu lama telah habis, maka itu tidak dikenakan biaya alias gratis. 

Biaya Cetak Tagihan
Merupakan biaya yang dikenakan kepada pemegang kartu apabila lembar tagihan dicetak dan dikirimkan oleh bank ke alamat penagihan (rumah atau kantor) pemegang kartu. Biaya cetak tagihan biasanya dikenakan sebesar Rp 7.000 - Rp 10.000 per tagihan. Jika Anda tidak ingin dikenakan biaya cetak tagihan, maka pengiriman lembar tagihan jangan ditujukan ke alamat rumah atau alamat kantor Anda, tetapi cukup ke alamat email Anda.

Biaya Asuransi Jiwa
Merupakan premi asuransi yang dibebankan kepada pemegang kartu untuk melindungi pemegang kartu jika meninggal dunia maka tagihan kartu kreditnya akan dibayar oleh pihak asuransi. Besarnya premi asuransi ini berbeda-beda karena tiap bank mempunyai rekanan perusahaan asuransi sendiri. Rate asuransi yang dikenakan biasanya antara 0,3% -0,5% dari jumlah transaksi. Untuk biaya asuransi bersifat opsional, artinya apabila Anda tidak mengikuti program asuransi maka tidak akan ada biaya asuransi. Jika tidak ingin mengikuti program asuransi, pada saat pengisian formulir aplikasi pengajuan kartu kredit, untuk kolom asuransi tidak usah di centang/checklist. Atau kalau misalnya Anda sudah terlanjur mengikuti program asuransi dan ingin berhenti, Anda dapat menghubungi call center bank/penerbit kartu tersebut.

Biaya Meterai
Untuk penetapan bea meterai, semua penerbit kartu kredit/bank mengikuti peraturan bea meterai pada umumnya yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia melalui Ditjen Pajak dengan ketentuan sebagai berikut:
- Nominal transaksi 0 - Rp 250.000 tidak dikenakan bea meterai
- Nominal transaksi Rp 250.000 – Rp 1.000.000 dikenakan bea meterai Rp 3.000
- Nominal transaksi lebih dari Rp 1.000.000 dikenakan bea meterai Rp 6.000
Misalnya Anda melakukan transaksi sebesar Rp 1.000.000, maka pada lembar tagihan akan tercantum bea meterai sebesar Rp 3.000

Untuk Anda sebagai pengguna kartu kredit atau yang ingin memiliki kartu kredit, sebaiknya dipahami terlebih dahulu mengenai ketentuan-ketentuan yang berlaku agar dikemudian hari tidak terkena banyak biaya yang dapat merugikan Anda. Dari biaya-biaya tersebut diatas, tidak semua biaya selalu ada di lembar tagihan tetapi bersifat opsional.

Itulah informasi mengenai biaya-biaya yang ada di kartu kredit. Apabila Anda ingin mengetahui juga mengenai informasi seputar Kredit Pemilikan Rumah, silakan klik (KPR). Atau Anda ingin mengetahui tentang salah satu produk bank lainnya yaitu Safe Deposit Box, silakan klik (SDB).

Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Terima kasih.

14 comments:


  1. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    pinjaman, pinjaman mahasiswa, hutang pinjaman konsolidasi, pinjaman tanpa jaminan, usaha
    modal, dll .. Atau kau menolak pinjaman oleh bank atau keuangan
    lembaga untuk satu atau lebih reasons.You di tempat yang tepat untuk
    solusi pinjaman Anda! Saya pemberi pinjaman pribadi, saya memberikan pinjaman kepada
    perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email:
    topclassloanfirm@gmail.com

    Terima kasih,

    mr Markson

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Delete
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete
  2. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    ReplyDelete
  3. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  4. Emang pada dasarnya tujuan dibuatnya kebijakan fiskal untuk ngatur keuangan negara, dan pengembangannya (secara langsung atau tidak langsung).
    Thank you udah buat pembahasan ini, untuk kedepannya mungkin penulis bisa mengangkat fenomena fintech sebagai literasi keuangan dan dampaknya terhadap kebijakan-kebijakan yang ada. Contohnya seperti ini :
    Peer to peer lending yang aman
    But overall udah keren bgt pembahasannya, saya langsung ngerti.
    Semoga membantu untuk kemajuan literasi penulis juga ya!

    Thanks!

    ReplyDelete
  5. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. Maquininha UOL Pag Seguro

    ReplyDelete
    Replies
    1. BERITA BAIK, BERITA BAIK
      Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
      Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt dengan penundaan dan tidak meminta Kami membayar biaya pendaftaran atau pajak dan biaya transfer, semoga semuanya memberkati ibu perusahaan.

      Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
      A) wilson_Gyna8.loankredit@gmail.com
      B) donalanny20. lenders@yahoo.id
      C) miminedi@.krediuniongmail.com
      D) adutyuyani.finance@gmail.com

      Terima kasih telah membaca ,
      Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
      Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
      (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

      Delete
  6. BERITA BAIK, BERITA BAIK
    Ini untuk mewartakan kepada orang-orang asia bahwa AASIMAHA ADILA, adalah perusahaan pinjaman muslim terbaik yang pernah saya datangi sepanjang hidup saya membantu saya dan keluarga saya dengan pinjaman untuk membayar hutang dan memulai usaha lagi mereka telah membuka kesempatan finansial untuk semua Mereka yang membutuhkan bantuan keuangan dari pinjaman besar.AASIMAHA ADILA lende dengan tingkat 1% dan mereka memberikan pinjaman kepada janda dan duda, jika Anda memerlukan pinjaman jangka panjang dan besar untuk modal investasi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Akan menarik untuk mengetahui bahwa banyak pemberi pinjaman di sini adalah palsu saya dan almarhum suami saya sering ditipu oleh pemberi pinjaman pinjaman palsu dimana kita menipu sekitar Rp127 juta pada bulan maret, namun, ibu saudi muslim meminjam uang dalam jumlah besar Rp850 Jt dengan penundaan dan tidak meminta Kami membayar biaya pendaftaran atau pajak dan biaya transfer, semoga semuanya memberkati ibu perusahaan.

    Tolong, saya juga menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa pemberi pinjaman berikut palsu, jangan hubungi mereka.
    A) wilson_Gyna8.loankredit@gmail.com
    B) donalanny20. lenders@yahoo.id
    C) miminedi@.krediuniongmail.com
    D) adutyuyani.finance@gmail.com

    Terima kasih telah membaca ,
    Email saya adalah..muthiafadlika2020@gmail.com
    Email perusahaan AASIMHA ADILA LOAN FIRM adalah
    (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  7. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku

    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayaiu kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman

    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    ReplyDelete
  8. Nama saya Zalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di indonesia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditor tepercaya ini bernama perusahaan AASIMAHA ADILA.di twitter. Perusahaan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan senilai IDR 970 juta dalam waktu kurang dari 1 jam tanpa tekanan. Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan. Saya telah meningkatkan bisnis saya di 2019 ini.
    hubungi saya: (zalinadiato@gmail.com)

    WhatsApp :::::::::::::::::::::::::::: +447456405237
    Instagram ::::::::::: Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Twitter :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::aasimahaadila loanfirm

    ReplyDelete
  9. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete
  10. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman Saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman di situs ini, semua pujian ditujukan kepada TUHAN, saya mendapat pinjaman sebesar Rp70.000. 000 juta dari Anthony Yuliana Pemberi Pinjaman semoga ALLAH memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu, untuk pinjaman 100%, hubungi (anthony.yulianalender @ gmail.com) BBM INVITE ((E37F9BCC)) atau melalui whatsapp +2348138908619 Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya {jerryandi843@gmail.com}

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.