Friday, March 25, 2016

Tentang Kredit Pemilikan Kendaraan

Bank merupakan lembaga keuangan yang kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit. Dalam menghimpun dana dari masyarakat, bank memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Begitu juga dalam menyalurkan kredit kepada masyarakat, bank memiliki begitu banyak produk kredit yang ditawarkan kepada masyarakat.

Dengan banyaknya produk perbankan yang ditawarkan oleh bank kepada masyarakat tujuannya adalah agar produk-produk perbankan dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat Indonesia memiliki kondisi ekonomi yang beragam, budaya yang beragam serta kebutuhan yang beragam. Untuk dapat mengakomodir itu semua maka bank menciptakan beragam produk perbankan.

Pada dasarnya setiap bank di seluruh Indonesia memiliki produk funding dan lending. Untuk produk funding umumnya terdiri dari tabungan, deposito dan giro. Sedangkan untuk produk lending terdiri dari kredit multiguna, kredit pemilikan rumah, kartu kredit, kredit usaha, kredit corporate, kredit pemilikan kendaraan, dan sebagainya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, maka bank juga akan terus berinovasi menghadirkan produk-produk baru.

Pada kesempatan ini, saya akan mencoba membahas tentang salah satu produk lending yang dimiliki oleh bank, yaitu Kredit Pemilikan Kendaraan. Di era sekarang ini, kredit pemilikan kendaraan tentu tidak asing lagi karena begitu banyaknya lembaga keuangan non bank yang menjalankan bisnisnya di bidang kredit pemilikan kendaraan. Oleh sebab itu, sebelum Anda mengajukan kredit pemilikan kendaraan sebaiknya dipahami terlebih dahulu mengenai mekanisme dan ketentuan-ketentuan yang berlaku agar tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan Anda dikemudian hari.

Kendaraan pribadi merupakan salah satu media transportasi yang banyak dipergunakan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas. Kendaraan pribadi tentunya sangat dibutuhkan oleh orang yang sudah berkeluarga atau orang-orang yang memiliki aktivitas tinggi karena dapat mempersingkat waktu tempuh dalam menunjang aktivitasnya. Untuk memiliki kendaraan pribadi sesuai dengan yang diinginkan cukup sulit karena harganya relatif tidak terjangkau apabila pembeliannya dilakukan secara tunai sekaligus. Tetapi, saat ini untuk memiliki kendaraan pribadi bukan lagi suatu hal yang sulit karena bank menyediakan fasilitas Kredit Pemilikan Kendaraan.   

Kredit Pemilikan Kendaraan merupakan fasilitas kredit yang diberikan oleh bank untuk pembelian kendaraan baru atau bekas dimana transaksi tersebut akan dilunasi terlebih dahulu oleh bank, dan nasabah berkewajiban untuk melakukan pembayaran secara angsuran dengan jangka waktu yang disepakati bersama. Khusus untuk kendaraan bekas, bank menetapkan batasan usia kendaraan yang dapat dibiayai sesuai ketentuan bank, biasanya usia kendaraan roda empat maksimum 10 tahun. Misalnya sekarang tahun 2016, maka kendaraan bekas yang dapat dibiayai minimal tahun 2006.

Dengan kredit pemilikan kendaraan, maka Anda dapat memiliki kendaraan meskipun dana Anda terbatas karena Anda dapat kredit dengan mengangsur setiap bulan ke bank. Sebelum Anda mengajukan kredit pemilikan kendaraan, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu hal-hal penting berikut ini:
  1. Pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan harganya terjangkau sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.
  2. Untuk pembelian kendaraan bekas, pastikan kondisi kendaraan dan mesin kendaraan masih dalam keadaan bagus. Jika tidak paham tentang mesin kendaraan, sebaiknya pada saat pembelian ajak saudara, teman atau orang yang paham tentang mesin kendaraan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.
  3. Agar proses kredit pemilikan kendaraan lebih mudah dan cepat, belilah kendaraan pada dealer resmi atau show room yang telah bekerjasama dengan bank.
  4. Pastikan kendaraan disertai dengan dokumen yang lengkap seperti BPKB, STNK, dan Faktur.
  5. Pastikan keaslian BPKB, STNK, Faktur dan tidak dalam status diblokir oleh pihak kepolisian dengan cara melakukan pengecekan ke kantor samsat.
  6. Pastikan kondisi fisik, nomor mesin dan nomor rangka kendaraan sesuai dengan yang tertera di dalam dokumen kendaraan (BPKB, STNK, Faktur).
  7. Perhatikan secara seksama syarat dan ketentuan kredit, diantaranya mengenai cara perhitungan bunga, pembayaran angsuran, pelunasan dipercepat, dan lain-lain. Untuk mengetahui cara menghitung bunga kredit dan angsuran kredit, silakan klik (Cara Menghitung Bunga Kredit dan Angsuran Kredit).
  8. Untuk kredit pemilikan kendaraan biasanya disertai dengan asuransi kendaraan. Pastikan kepada pihak bank untuk asuransi yang digunakan, apakah asuransi All Risk atau TLO (Total Lost Only). Untuk asuransi kendaraan All Risk itu kalau misalnya terjadi kehilangan, kebakaran, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya yang mengakibatkan kendaraan mengalami kerusakan sebagian atau keseluruhan, maka asuransi akan mengganti biaya yang tertanggung. Kalau asuransi TLO biasanya hanya menjamin untuk kendaraan yang mengalami kerusakan total atau diatas 75%. Untuk premi asuransi kendaraan All Risk lebih mahal dari asuransi kendaraan TLO.
  9. Siapkan uang muka (down payment) yang menjadi beban Anda. Bank pada umumnya tidak membiayai seluruhnya atas harga kendaraan yang akan dibeli.

Apabila Anda telah menemukan kendaraan yang cocok sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda dapat segera untuk mengajukan kredit pemilikan kendaraan tersebut dengan melampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut:
  1. KTP suami dan atau istri (bila sudah menikah)
  2. Kartu Keluarga
  3. Buku Nikah (bila sudah menikah)
  4. SPPT PBB tempat tinggal dan rekening listrik
  5. Keterangan penghasilan atau slip gaji (untuk karyawan)
  6. Laporan keuangan (untuk wiraswasta)
  7. SKU/SIUP/TDP (untuk wiraswasta)
  8. NPWP Pribadi (untuk kredit >= 50 juta)
  9. Fotokopi rekening bank
  10. Fotokopi BPKB dan STNK (serahkan BPKB dan STNK asli apabila kredit telah disetujui)

Setelah Anda paham dengan ketentuan tersebut diatas, dan semua persyaratan sudah lengkap serta sudah memiliki uang muka, silakan bisa Anda coba untuk pengajuan kredit pemilikan kendaraan ke bank dengan mendatangi langsung kantor cabang bank terdekat dari lokasi Anda berada.

Itulah informasi yang dapat saya berikan mengenai Kredit Pemilikan Kendaraan. Apabila Anda ingin mengetahui juga mengenai Kredit Pemilikan Rumah, silakan klik (KPR). Atau Anda ingin mengetahui lebih rinci tentang kartu kredit, silakan klik (Kartu Kredit). Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Terima kasih.


5 comments:

  1. Sangat bermanfaat dan membantu sekali, izin share yah.

    ReplyDelete
  2. Gimana kalau saya gak ada selip gaji apa bisa saya mohon pinjaman?

    ReplyDelete
  3. Info bank lainnya bisa juga di http://www.versibaru.com/

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk referensi silahkan kunjungi http://wartawarga.gunadarma.ac.id

    ReplyDelete

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.