Tuesday, March 8, 2016

Tentang Safe Deposit Box (SDB)

Bank merupakan lembaga keuangan yang memiliki banyak sekali produk yang ditawarkan kepada masyarakat, mulai dari produk funding, lending serta jasa layanan perbankan. Produk-produk yang dimiliki oleh bank dari waktu ke waktu akan terus bertambah dan mengalami perubahan agar dapat mengakomodir serta menyesuaikan  kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

Untuk produk funding, bank memiliki produk tabungan, deposito, dan giro dengan tujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat agar masyarakat mau menyimpan dananya di bank. Untuk produk lending, bank menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit berupa kredit pemilikan rumah, kredit kepemelikan kendaraan, kredit multiguna, kredit untuk modal usaha, kredit corporate dan sebagainya. Untuk jasa layanan perbankan, bank menyediakan layanan transfer uang antar bank, layanan pembayaran tagihan, layanan pembelian isi ulang pulsa ponsel, layanan safe deposit box dan lain-lain.

Dari berbagai macam produk yang dimiliki oleh bank, pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai salah satu produk perbankan, yaitu layanan safe deposit box. Untuk layanan safe deposit box ini kurang begitu populer di mata nasabah dibandingkan dengan layanan perbankan lainnya. Mungkin Anda akan tertarik untuk menggunakan layanan safe deposit box, karena disini akan dibahas mengenai apa itu safe deposit box, apa keuntungan menggunakan safe deposit box, bagaimana cara menggunakan safe deposit box, syarat-syarat apa saja yang diperlukan jika ingin menggunakan safe deposit box.

Pengertian Safe Deposit Box
Safe deposit box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan untuk barang-barang berharga atau dokumen berharga yang dirancang secara khusus dari bahan baja yang ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api untuk menjaga keamanan barang yang disimpan dan memberikan rasa aman bagi penggunanya. Untuk barang-barang yang disimpan didalam safe deposit box adalah barang yang memiliki nilai tinggi dan pemiliknya merasa tidak aman jika menyimpan barang tersebut di rumahnya. Barang-barang yang disimpan di dalam safe deposit box biasanya sudah dilengkapi diasuransikan dengan premi yang relatif murah.

Keuntungan Menggunakan Layanan Safe Deposit Box 
  • Dengan layanan safe deposit box, tentu nasabah/penyewa akan merasa aman karena bank meyediakan layanan safe deposit box dengan ruang penyimpanan yang kokoh, dilengkapi dengan sistem keamanan penuh selama 24 jam. Untuk membukanya diperlukan kunci dari nasabah/penyewa dan kunci dari bank.
  • Layanan safe deposit box sangat fleksibel karena tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan penyewa, baik bagi penyewa perorangan maupun perusahaan. Setiap bank memiliki ukuran safe deposit box tersendiri. Ukuran SDB Bank A dengan SDB Bank B akan berbeda. Biasanya setiap bank memiliki SDB dengan tipe kecil, sedang dan besar. Untuk SDB kecil biasanya berukuran 7cm x 26cm x 60cm, SDB sedang berukuran 12cm x 26cm x 60cm, dan SDB besar berukuran 25cm x 26cm x 60cm. Tetapi ada juga bank yang memiliki ukuran SDB tipe kecil 7,5cm x 25cm x 60cm, tipe sedang 12,5cm x 25cm x 60cm dan tipe besar 25cm x 25cm x 60cm.

Syarat dan Ketentuan Dalam Menggunakan Layanan Safe Deposit Box
  • Untuk persyaratan sewa, nasabah cukup dengan membuka tabungan atau giro, melengkapi formulir layanan safe deposit box, melampirkan kartu identitas asli, melampirkan pas photo terbaru. Ada juga bank yang tidak mengharuskan calon penyewa untuk membuka tabungan atau giro, akan tetapi dikenakan tarif sewa safe deposit box yang lebih tinggi.
  • Adanya biaya yang dibebankan kepada penyewa, antara lain uang sewa, uang jaminan kunci dan denda keterlambatan pembayaran sewa. Untuk biaya sewa dan uang jaminan setiap bank berbeda-beda. Biasanya biaya sewa SDB ukuran kecil sekitar Rp 250.000 s/d Rp 500.000 per tahun dengan uang jaminan sekitar Rp 600.000, biaya sewa SDB ukuran sedang Rp 400.000 s/d Rp 650.000 dengan uang jaminan sekitar Rp 600.000, dan biaya sewa SDB ukuran besar Rp 600.000 s/d Rp 900.000 dengan uang jaminan sekitar Rp 600.000. 
  • Uang jaminan hanya dibayar satu kali dan akan dikembalikan kepada nasabah/penyewa apabila penyewaan dihentikan atau tidak diperpanjang.
  • Penyewa/nasabah harus menjaga agar kunci yang disimpan tidak hilang atau disalahgunakan pihak lain. Jika kunci yang dipegang penyewa hilang, maka uang jaminan akan digunakan sebagai biaya penggantian kunci dan pembongkaran SDB yang wajib disaksikan sendiri oleh penyewa.
  • Penyewa/nasabah akan dikenakan denda jika terlambat melakukan pembayaran perpanjangan sewa. Biasanya dikenakan denda sebesar 5%.
  • Tidak menyimpan barang-barang yang dilarang dalam safe deposit box.
  • Memperlihatkan barang yang disimpan bila sewaktu-waktu diperlukan oleh bank.
  • Memiliki daftar isi dari safe deposit box dan menyimpan foto copy (salinan) dokumen tersebut di rumah untuk referensi.
  • Penyewa bertanggung jawab apabila barang yang disimpan menyebabkan kerugian secara langsung maupun tidak langsung terhadap bank dan penyewa lainnya.
  • Bank tidak bertanggung jawab atas perubahan kuantitas, kualitas, hilang, atau rusaknya barang yang bukan merupakan kesalahan bank.
  • Bank tidak bertanggung jawab atas kerusakan barang akibat bencana alam (force majeur) seperti gempa bumi, banjir, perang, kerusuhan, dan sebagainya.

Barang-barang yang Dilarang Disimpan Dalam Safe Deposit Box
Nasabah yang menggunakan layanan safe deposit box tidak dapat seenaknya menyimpan barang-barang sesuai keinginannya sendiri, akan tetapi ada aturan yang telah ditetapkan bank dan disetujui oleh nasabah. Berikut ini adalah barang-barang yang dilarang disimpan dalam safe deposit box:
  • Senjata api atau bahan peledak.
  • Berbagai macam barang yang diduga dapat membahayakan atau dapat merusak safe deposit box dan tempat sekitarnya.
  • Barang-barang yang sangat diperlukan saat keadaan darurat seperti surat kuasa, catatan kesehatan dan petunjuk bila penyewa sakit, petunjuk bila penyewa meninggal dunia (wasiat).
  • Narkotika dan obat-obat terlarang serta barang lainnya yang dilarang oleh bank atau ketentuan yang berlaku.

Itulah informasi mengenai layanan safe deposit box. Sebelum Anda menggunakan layanan safe deposit box, baca dan pahami terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Apabila ada hal yang kurang jelas sebaiknya ditanyakan langsung kepada petugas bank, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Apabila Anda ingin mengetahui juga mengenai pembahasan produk perbankan lainnya terkait pengertian kartu kredit, jenis-jenis kartu kredit, sistem pembayaran kartu kredit, silakan klik (Kartu Kredit). Atau Anda ingin mengetahui mengenai simpanan seperti apa yang dapat dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, silakan klik (LPS).

Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi blog saya, silahkan tinggalkan komentar.